Rabu, 18 Januari 2017

Jenis Kopi Indonesia

Kopi, siapa yang tidak kenal dengan minuman hitam dengan rasa asam pahit ini. Nah, di postingan kali ini saya akan memaparkan jenis kopi yang ada di Indonesia. Seperti kita tahu kalau Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia.



1. Kopi Aceh Gayo 

Jenis kopi di Indonesia yang pertama adalah kopi aceh gayo. Kopi yang berasal dari tanah gayo Aceh tengah ini memiliki cita rasa kopi yang sangat begitu khas. Tidak heran jika kopi ini menjadi unggulan bagi para penikmat kopi di Indonesia. Kopi Aceh Gayo merupakan salah satu kopi arabika yang terbaik di dunia, dan menjadi salah satu penghasil kopi terbesar  di Asia.

Untuk soal rasa, kopi aceh gayo memiliki cita rasa yang sedikit lebih pahit dengan tingkat keasaman rendah, serta aromanya yang sangat tajam menjadikan kopi ini banyak di sukai di banyak kalangan pecinta kopi nusantara.  Meskipun memiliki rasa pahit kopi gayo memiliki aroma yang sangat gurih di setiap tegukannya.


2. Kopi Sumatra

Kopi Sumatera merupakan salah satu varietas kopi yang berasal dari Sumatera yang bertekstur paling halus dan bercita rasa paling berat dan kompleks di antara beragam kopi di dunia. Sebagian besar kopi Sumatera diproses secara kering (dry-processed), tetapi sebagian lagi melalui proses pencucian ringan (semi-washed).

Kopi Sumatera sangat terkenal dengan Mandheling atau Lintong-nya yang tumbuh di pesisir selatan pulau Sumatera. Kopi Sumatera yang tumbuh lebih ke arah Barat dikenal sebagai kopi Gunung Gayo. Kopi Gayo Sumatera dideskripsikan sebagai kopi yang bercita rasa manis dan bersih. Ahli kopi yang ingin membeli kopi Sumatera biasanya melihat ketuaan dari biji kopi Sumatera. Biji kopi ini mengeluarkan rasa “tanah” dan “rempah”. Hal ini merupakan keunikan tersendiri biji kopi Sumatera sehingga membuatnya menjadi satu dari kopi yang paling dicari di antara jenis kopi yang ada di dunia.


3. Kopi Bali Kintamani
Jenis kopi selanjutnya ada kopi Bali Kintamani. Seperti namanya kopi tersebut berasal dari daerah kintamani bali. Kopi kintamani memiliki keunikan cita rasa yang berbeda dari jenis kopi nusantara yaitu dengan memiliki cita rasa buah buahan yang segar dan asam. Hal itu di karenakan di daerah kintamani masyarakat setempat menanam kopi bersamaan dengan tanaman lain seperti buah dan sayur seperti buah jeruk.

Jenis kopi kintamani memiliki rasa ciri khas buah sebab tanaman kopi yang berada di daerah kintamani meresap rasa buah buahan seperti jeruk dan lain sebagainya. Selain itu kopi Kintamani ini memiliki cita rasa yang lembut dan tidak berat seperti jenis kopi nusantara sumatera. Untuk sobat pecinta kopi yang ingin mencicipi rasa kopi yang berbeda, ada baiknya sobat mencoba kopi kintamani ini.


4. Kopi Sulawesi

Oke lanjuuut... Untuk jenis kopi selanjutnya ada kopi dari pulau tanah kelahiran saya, yaitu kopi Sulawesi :) Jenis kopi yang paling terkenal  di Sulawesi adalah Kopi Toraja. Tanah toraja adalah daerah yang di berkahi memiliki tanah subur dengan menghasilkan kopi yang berkualitas yang tidak kalah baik dengan kopi nusantara di daerah lain. Ciri khas dari kopi toraja adalah cita rasanya yang memiliki rasa yang kuat serta kadar asam yang sangat tinggi.

Meskipun memiliki rasa yang hampir mirip dengan jenis kopi sumatera namun aroma dari kopi toraja memiliki ciri khas tersendiri. Ukuran biji kopi sendiri, toraja memiliki bentuk biji yang lebih kecil, lebih mengkilap dan lebih licin pada kulitnya. Untuk penikmat kopi, belum afdol deh kalo belum menikmati jenis kopi nusantara yang satu ini.


5. Kopi Luwak

Next... kopi luwak. Jenis kopi ini bukan dipetik dari pohonnya, melainkan hasil dari 'ee' dari binatang yang bernama luwak, hehehe. Kopi luwak sendiri banyak di cari orang, karena kopi jenis ini memiliki rasa yang begitu khas dan nikmat. Oleh karena cita rasa yang begitu nikmat membuat kopi ini menjadi salah satu jenis kopi yang mendunia, dan tidak tanggung tanggung harga satu cangkir kopi luwak mencapai ratusan ribu rupiah, wow menn.

Yang membedakan kopi luwak berbeda dengan jenis kopi lain adalah buah kopi yang di makan musang atau luwak lalu di keluarkan menjadi fases yang sudah menjadi biji kopi. dari biji kopi tersebut menciptakan aroma yang sangat khas dan menjadikan kopi ini memiliki nilai harga yang sangat tinggi.

FYI, bahwa kopi luwak adalah kopi yang memiliki harga yang paling tinggi dari kopi lain sehingga beberapa tahun silam kopi luwak masuk kedalam Guiness Book Of Records. Banyak cafĂ© yang menyediakan kopi luwak ini dengan harga yang begitu mahal. 


6. Kopi Jawa

Jenis kopi selanjutnya datang dari pulau Jawa. Jenis kopi jawa ini juga memiliki rasa yang jelas berbeda dari jenis kopi kopi lainnya. Aroma rempah yang terdapat di dalam biji kopi jawa lahir secara alami dan menjadikan kopi jenis ini laris di nikmati oleh masyarakat umum. Meskipun dari segi rasa dan aroma kopi jawa tidak sekuat kopi Sumatra dan Sulawesi,  namun kopi jawa memiliki penikmat kopi tersendiri sebab ciri khas aroma rempah yang melekat di dalam biji kopi sungguh terasa.


7. Kopi Flores 

Wah kita sudah sampai di Flores nih. Yap, jenis kopi selanjutnya dari Flores di bagian timur Indonesia. Jenis kopi dari Flores ini yang tidak kalah populer adalah kopi flores Bajawa. Kopi ini banyak di hasilkan di daerah Kabupaten Ngada. Sama hal nya dengan kopi bali kintamani jenis kopi flores bajawa memiliki sedikit aroma buah di setiap biji kopinya, dan rasa khas tembakau merupakan sebuah keunikan yang mungkin tidak terdapat di semua jenis kopi di nusantara maupun dunia.

8. Kopi Wamena Papua

Jenis kopi yang terakhir adalah Kopi Wamena Papua.  Kopi dari Indonesia bagian timur ini sangat bagus dan dapat tumbuh secara optimal apabila di tanam pada daerah yang memiliki ketinggian mencapai 1200 meter di atas permukaan laut. Kopi papua wamena yang di tanam pada ketinggian tersebut memiliki citras rasa yang sangat tajam dan nikmat.

Hal yang paling menarik dari kopi papua wamena adalah dengan kopi yang di tanam secara organik tanpa campur tangan bahan bahan kimia. Seperti jenis kopi nusantara bali kintamani, kopi ini memiliki cita rasa yang begitu lembut dan nyaris tanpa ampas.


Nah, bahas kopi saja kita berasa sudah keliling Indonesia yah... hehehe
Demikian info tentang jenis kopi yang ada di Indonesia, semoga bermanfat :)

sumber : seo-backlinku.blogspot.co.id

Share this

0 Comment to "Jenis Kopi Indonesia"

Posting Komentar